Home » Artikel » Benang Jahit
Jual Beli berbagai macam jenis benang
Thursday, March 7th 2013. Posted in Artikel

Benang merupakan unsur pokok dalam pembuatan kain. Di pasaran banyak sekali jenis benang sesuai dengan kegunaannya. Dalam proses menjahit kita akan menggunakan benang jenis benang jahit.
Bagi mereka yang masih awam, mungkin benang jahit apa pun merknya akan kelihatan sama. Yang penting benang jahit tersebut bisa dipakai buat menjahit. Tak terpengaruh dengan nominal harga mau pun merknya.
Tapi tidak demikian halnya bila anda termasuk orang yang sudah biasa berinteraksi dengan dunia sulam dan jahit. Yang mungkin dengan mudah akan mengenali benang jahit yang pas untuk kebutuhan anda. Apakah itu benang jahit untuk merajut, menyulam, atau pun untuk membordir.

benang jahit,sulam,bordir, jahit, benang

Benang Jahit

Saat belanja di toko benang, anda tentu dengan cepat bisa menyebutkan merk, ukuran dan warna benang jahit yang dibutuhkan. Biasanya benang jahit yang paling banyak ditemukan dan mudah dicari di pasaran adalah bila stoknya banyak serta koleksi warnanya lengkap.

Memilih Benang Jahit Sesuai Kegunaannya

Sebelum anda memutuskan untuk membeli benang jahit, sebaiknya anda memastikan dulu kegunaannya. Apakah akan digunakan untuk menjahit kain berbahan halus seperti sutra ataukah akan digunakan untuk menjahit sprei atau sebagai benang untuk menjahit sulaman, atau bordiran. Mungkin ada gunanya anda bisa mengenali jenis benang jahit yang biasa digunakan di dalam menjahit dan menyulam.

Benang Jahit untuk Menjahit Sulaman / Menyulam

Benang mouline, adalah benang dengan dua warna tapi dipilin menjadi satu. Benang pelangi adalah nama lain dari benang ini. Benang pelangi ini sering digunakan di dalam industri pakaian jadi yang membutuhkan bordir atau sulaman sebagai hiasan pada pakaian mereka. Benang pelangi ini juga sering digunakan untuk menghias pinggiran mukena dengan aneka jenis bordiran yang cantik dan penuh warna.
Benang suji. Benang suji banyak dipakai untuk benang sulam. Ada banyak variasi benang suji. Yaitu benang suji yang hanya satu warna saja dan benang palang yaitu benang suji berwarna yang warnanya bertingkat.
Benang bordir. Benang bordir adalahbenang yang dipakai untuk menyulam atau membordir dengan mesin jahit. Warna benang ini mengkilat dan memiliki aneka variasi warna.
Benang jahit, yaitu benang yang memang fungsinya adalah untuk menjahit dan menyulam. Untuk membedakan halus atau tidaknya suatu benang yang akan dipakai untuk menjahit, anda harus memperhatikan dulu ketebalan bahan yang akan dijahit serta gunanya. Apakah untuk menjahit bahan pakaian ataukah untuk menghiasinya dengan sulaman hias.
Bila anda menginginkan benang jahit yang halus untuk menjahit, anda tinggal melihat nomor seri benang tersebut. Biasanya bila nomor benang tersebut makin tinggi maka makin halus tekstur benang tersebut. Contohnya benang jahit bernomor 50 lebih halus daripada benang jahit bernomor 40.

Benang Jahit Untuk Menghias Pakaian

Benang melange, benang ini dipintal dengan warna yang beraneka ragam. Benang ini disebut juga benang serabut campur. Banyak dipakai sebagai benang jahit untuk menghiaspakaian pada usaha jahitan atau konveksi.
Benang yaspis, benang ini juga banyak digunakan sebagai penghias pakaian. Bentuknya adalah seperti satu benang bulat padahal terdiri dari gabungan dua benang yang belum dipilin.

Benang Jahit Untuk Menjahit Kasur

Benang jagung, benang jagung dibuat dari serat selulosa. Pada umumnya benang ini berwarna broken white atau krem. Benang jagung banyak digunakan untuk menjahit kasur kapuk, membuat renda, dan sebagainya.

Benang Jahit Untuk Kaitan

Benang tetoron, benang tetoron adalah termasuk jenis benang sintetis. Benang ini cukup kuat sehingga sering digunakan untuk bahan kaitan pada pelengkap busana seperti ikat pingggang, tas dan lain-lain.
Benang Untuk Rajutan
Benang wol, benang ini umumnya agak berbulu karena terbuat dari bulu domba yang dipintal menjadi benang

Benang Untuk Hiasan

Benang logam. Ini adalah benang yang dibuat dari logam dilapisi plastik atau plastik yang dilapisi logam. Bentuknya berkilau dengan dua pilihan warna. Yaitu benang berwarna perak dan benang berwarna emas.
Biasanya benang emas ini digunakan untuk keperluan pakaian menghias pengantin atau bedcover serta untuk bahan tenunan seperti tenun songket.
Benang karet. Benang karet adalah benang dari bahan karet yang telah mengalami proses vulkanisasi.
Sumber : http://www.anneahira.com/benang-jahit.htm

Semoga dengan penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang benang jahit.

Produk terbaru